Comments

Sabtu, 14 Januari 2017

Manfaatkan Teknologi Di Era Digital Untuk Membangun Bisnis

sumber gambar : www.teropongbisnis.com

Di abad ke-21 yang memasuki era digital ini, sebenarnya era yang penuh dengan kontroversial karena sebagian orang mengganggap bahwa era digital merupakan pertanda akhirnya zaman. Sebenarnya itu tidak salah karena memang seiring perkembangan zaman semakin majunya dunia ini ditandai dengan semakin bermunculannya teknologi yang canggih. Perkembangan tersebut merupakan pertanda akhirnya zaman karena beberapa orang berpendapat bahwa manusia di era digital ini mulai dijajah dengan teknologi dan sepenuhnya dimanfaatkan. Parahnya lagi, hal itu sampai menghilangkan nilai-nilai jiwa sosial yang terdapat pada setiap manusia. Misalnya remaja sekarang ini sering menghabiskan waktunya di depan komputer untuk mengunjungi dunia maya daripada dunia nyata, anak-anak bermain game online berjam-jam sampai lupa makan atau pun ibadah dan juga remaja atau pun orang dewasa lebih lama chatting di smartphonenya daripada langsung berbicara. Melihat demikian, tentu hal itu menimbulkan keresahan di masyarakat, pemuda yang selama ini digadang-gadang sebagai penerus bangsa malah hampir kehilangan jiwa sosialnya. Itulah anggapan beberapa orang terkait era digital ini. Tapi disamping orang-orang yang dimanfaatkan oleh teknologi, ternyata banyak juga orang-orang yang memanfaatkan teknologi. Orang-orang ini memanfaatkan teknologi dengan mengambil keuntungan pada setiap peluang dengan berbagai kebutuhan yang sesuai dengan masyarakat modern. Sebut saja Achmad Zaky sang pendiri toko online fenomenal BukaLapak, Nadiem Makarim sang pendiri Go-Jek Online yang benar-benar diminati oleh masayrakat, bahkan jika melihat ke mancanegara, ada seorang Mark Elliot Zuckerberg sang pendiri situs terkenal jejaring sosial Facebook serta Larry Page dan Sergey Brin sang pendiri Google yang benar-benar merubah dunia menjadi era digital. mereka pada awalnya pasti menemukan hambatan sebelum pada akhirnya sukses seperti sekarang ini. Mulai membuka usaha dengan memanfaatkan era digital tentu adalah hal yang menggiurkan disamping teknologi sekarang semakin maju. Ini adalah suatu peluang yang bagus untuk mengembangkan bisnis. Itulah yang dilakukan oleh beberapa orang yang sukses dibidang teknologi terutama dalam bidang komputer.

Hal itu yang membuat saya termotivasi untuk mencoba memanfaatkan teknologi. Jujur sebelumnya saya juga merupakan pengguna teknologi yang konsumtif, sempat menghabiskan beberapa jam hanya untuk bermain game online dan chatting di dunia maya. Setelah difikir-fikir, semua ini hanya membuang-buang waktu dan menghamburkan uang saja. Lalu saya mencoba mulai menggunakan internet dengan produktif. Mulai searching dengan kata kunci “bagaimana cara menghasilkan uang di internet”. Itu merupakan kata kunci yang benar-benar mainstream karena banyak juga blog yang membahas kata kunci tersebut. Di sisi lain, dahulu ketika SMK saya masuk ke jurusan Teknik Informatika dan jurusan ini yang akhirnya mendukung saya untuk lebih giat lagi menjadi pengguna internet yang produktif.

Saya mempunyai 3 jenis bisnis yang berbeda dalam dunia internet berbentuk karya digital, pertama adalah blog Islam Qadimah yang sekarang sedang saya gunakan untuk artikel ini. Mimpi saya pada blog Islam Qadimah ini rencananya ingin dikembangkan menjadi blog yang ramai dikunjungi oleh netizen dengan berbagai artikel islami yang menarik. Walaupun blog ini sebagian besar isinya artikel islami yang dibentuk dalam blog, akan tetapi bisa menjadi lahan bisnis apabila telah menghasilkan rezeki. Tapi sayangnya, naik turunnya motivasi dalam menulis adalah faktor utama penghambat kemajuan blog karena kesibukan mahasiswa dengan berbagai tugasnya. hal inilah yang membuat saya mengajak seorang teman dalam mengembangkan blog ini. Di sisi lain, terfikirkan untuk mencoba Jasa Penulis Artikel dengan tujuan bisa lebih mengoptimasi blog teresbut dan bisa memdapatkan sebanyak-banyaknya pembaca.


Kedua adalah blog Eduniq Design. Dari namanya saja sudah tahu bahwa isi atau postingan dari blog tersebut berupa desain yang merupakan hasil dari karya saya. Alhamdulillah dengan keahlian yang saya miliki, sebenarnya saya sudah membuka peluang bisnis dalam bidang jasa pembuatan desain baik desain web, grafis maupun multimedia yang dipromosikan melalui blog saya, tetapi kebanyakan karya tersebut adalah hasil dari promosi offline yaitu langsung menawarkan diri bukan hasil dari promosi online. Itu menandakan bahwa kurang populernya blog ini karena memang saya tidak ahli dalam promosi atau pemasaran walapun itu pemasaran online, karena memang ilmu pemasaran atau pun online marketing memang harus membutuhkan ilmu untuk bisa merancang stategi. Hal ini yang membuat saya kurang dalam hal online marketing dan di sisi lain cenderung malas untuk mempelajari ilmu tersebut karena jujur saya suka dengan cara yang instan. Dalam bisnis pembuatan jasa berbentuk karya digital, selain menawarkan diri, saya juga mengerjakan jika ada permintaan saja, dan permintaan itu kebanyakan dari kalangan mahasiswa yang merupakan teman-teman saya. Pastinya saya tidak mengharapkan imbalan karena memang dengan sepenuh hati saya mengerjakan desain-desainnya dan juga semua itu memang hobi saya. Tapi lama-kelamaan hal itu menimbulkan kejenuhan karena mengerjakan desain membutuhkan imajinasi yang tinggi. Imajinasi itu bisa timbul oleh motivasi yang muncul. Motivasi bisa muncul apabila ada imbalan, dan pada akhirnya sebagai mahasiswa normal yang sedang menempuh pendidikan formal dengan biaya yang cukup besar, dari lubuk hati yang paling dalam wajar saja jika saya membutuhkan imbalan tersebut dengan niat untuk kelangsungan pendidikan. Kebanyakan yang meminta dibuatkan desain, tidak melihat hal yang demikian. Itulah yang membuat saya malas dalam mengerjakan jasa pembuatan desain.


Ketiga adalah blog Meser Store. Blog ini adalah blog toko online yang isinya menjual berbagai kelengkapan berupa baju dengan tema anime. Disini saya mencoba peruntungan dengan menjadi dropshipper, atau menjadi perantara untuk penjual baju-baju dari produsen. Saya melihat peluang yang besar dengan bisnis dropshipper baju ini, karena melihat beberapa orang yang sukses hanya dengan menjadi perantara dalam menjual baju dan perantara tersebut cukup dengan online dan hanya membutuhkan smartphone yang terkoneksi ke internet saja.  Mereka cukup promosi di bbm, facebook ataupun instagram. Melihat dari beberapa screenshot yang di foto dari media sosial, isinya banyak peminat ataupun pembeli yang tertarik dengan produk yang mereka tawar. Praktis saya langsung tergiur dengan bisnis dropshipper ini. Lalu saya menjadi salah satu pendaftar dropshipper dari beberapa orang yang mendaftar juga dan mengeluarkan modal yang cukup besar yaitu Rp. 500.000,- saya pun mendapatkan status aktif dan boleh menjual produk-produk berupa baju ini tentunya dengan berbagai cara. Bisnis ini dimulai pada awal tahun 2016 tepatnya pada bulan januari. Kala itu saya semangat dalam menjalankan bisnis ini walaupun belum ada peminat sama sekali dengan produk yang saya tawar. Saya menawarkan produk tersebut di facebook, bbm, Instagram dan twitter persis seperti apa yang mereka lakukan. Disini saya berfikiran bahwa jika bisnis ini dikembangkan dalam toko online mungkin akan terlihat lebih profesional karena keuntungannya dalam menyediakan baju berupa blog. Dan dengan keahlian yang saya miliki dalam membuat blog, saya berencana membuatkan blog toko online untuk dropshipper ini. Jadi sebenarnya tema dari blog tersebut adalah toko online dropshipper. Saya mulai mempostingkan baju-baju itu kedalam blog. Jadi dalam promosi di media sosialnya ada keterangan “lebih lengkapnya kungjungi link blog ini”.

Tapi apa daya, walaupun saya sudah mempromosikan baik di bbm, Instagram, fans page facebook, datang ke grup-grup facebook, bahkan sampai membuat blog toko online, tidak ada satupun yang membeli produk baju yang saya tawar. Hingga pada akhirnya saya mulai mengalami kejenuhan yang berat dan mungkin rugi dalam hal waktu. Karena seperti sia-sia saja jika promosi tidak ada pembeli. Apalagi ketika baru membuka email yang didaftarkan pada bisnis dropshipper ini, ada email masuk yang isinya berupa peraturan baru yang intinya menerangkan bahwa “Jika reseller/dropshipper tidak bisa menjual produk minimal 6 baju dalam waktu sebulan, maka statusnya akan menjadi reseller/dropshipper non-aktif. Maka jika ingin diaktifkan kembali, harus membayar biaya administrasi sebesar Rp. 500,000,- atau membeli 6 baju secara bertahap dalam waktu sebulan.” Seperti pada gambar screenshot dibawah ini.


Email inilah yang membuat saya berhenti untuk sementara dalam menjalankan bisnis tersebut. Jadi saya hanya menjadi status aktif dalam waktu 4 bulan dan sampai sekarang statusnya masih non-aktif karena ketidak mampuan saya dalam memasarkan produk dan itu memang menjadi kekurangan saya. Juga kekurangan modal yang saya miliki untuk merubah kembali statusnya menjadi aktif. Saya pun vakum sementara dari bisnis dropshipper ini dengan media sosial untuk bisnis dan juga blog toko online yang terbengkalai.

Sebenarnya ada kemauan yang tinggi untuk kembali menjalani bisnis-bisnis tersebut terutama bisnis dropshipper blog toko online karena melihat peluang yang besar dari peminat pakaian yang meningkat dan pastinya terus dibutuhkan.  Tinggal tingkatkan dalam hal promosi dan kembali siapkan modal yang cukup serta buat blog toko online menjadi lebih profesional lagi. Melihat orang lain yang sukses dalam bisnis ini hanya dengan promosi lewat media sosial, itulah motivasi saya tersendiri untuk bisa sama seperti mereka, apalagi ditambah dengan hobi saya dalam mengelola blog, pastinya semua ini menjadi lebih enak dalam menjalankan bisnisnya. Tinggal pertambah motivasi dalam hal promosi dan rajin posting sesuai dengan target. Itulah yang belum saya capai selama ini. 

Nah untuk mendukung semua itu dan memulainya kembali, saya membutuhkan modal yang cukup besar, sebuah modal yang bisa membangun kembali bisnis saya ini. Selain itu, pastinya membutuhkan koneksi Internet  karena pada dasarnya di era digital ini hampir kebanyakan orang bergantung pada internet terlebih lagi dalam mengembangkan bisnisnya. Dengan berbagai masalah yang dialami, tentu itu semua dikerjakan secara individual karena sifat saya yang cenderung tidak sabaran dan egois karena saya tidak pernah memanfaatkan sebuah jasa baik itu jasa social media, digital marketing, SEO dsb. dan itu adalah sebuah kelemahan terbesar dalam mengembangkan bisnis di era digital. butuh sebuah jasa yang bisa menyalurkan atau pun membantu dalam hal mengoptimasi bisnis, penulisan artikel atau sharea social media. semua itu hanya ada di jasa digital marketing Abah Digital Marketing Specialist.

Ada 2 hal fokus saya untuk kembali mengembangkan bisnis yaitu :

1. Mengaktifkan Kembali Status Reseller/Dropshipper

sumber gambar : www.grosirfrutablend.com

Seperti diketahui status saya saat ini adalah dropshipper non-aktif, dengan demikian untuk mengaktifkannya kembali saya harus mendaftar ulang dropshipper. Ada 2 cara yaitu pertama dengan membayar registrasi sebesar Rp. 500.000,- kedua membeli 6 baju secara bertahap atau bisa langsung 6 baju dengan diberi deadline satu bulan dan masa tenggang dua minggu. Harga 1 baju yang ditawarkan oleh produsen kepada para dropshippernya bervariasi, mulai dari Rp. 85.000,- sampai yang termahal Rp. 250.000,- itu tergantung dari para dropshippernya apakah ingin membeli baju berjenis kaos dengan harga yang murah atau membeli  baju berjenis blazer dengan harga yang mahal. Setelah itu status saya kembali berubah menjadi aktif dan berhak untuk menjual baju-baju produsen melalui sistem dropshipper serta berhak menjual desain terbaru dari baju tersebut.

2. Membeli Domain Premium

sumber gambar : www.napnipnop.com

Ini adalah salah satu keinginan saya yang hingga saat ini belum terwujudkan, setelah mengaktifkan status dropshipper selanjutnya inilah yang akan saya lakukan, yaitu mengubah blog toko online yang saya kelola menjadi toko online yang lebih profesional lagi dengan cara membeli domain premium. Mungkin hal ini jarang dilakukan oleh mereka yang hanya promosi lewat media sosial saja, tapi saya ingin benar-benar memanfaatkan blog marketing dengan mengubah domain menjadi .com atau sejenisnya. Harga domain yang ditawarkan dari penyedia layanan hosting sangat bervariasi, jenisnya pun beragam seperti .com, .us, .net, .org, .co.id dan lain sebagainya. Mulai dari yang temahal adalah domain .id, harga yang ditawarkan berada di kisaran Rp. 450.000,- hingga Rp. 500.000,- wajar saja karena domain ini adalah domain nasional dengan target pasal lokal. Kelebihannya bisa mencakup keseluruhan Indonesia dalam mencari kata kunci tertentu, lebih mudah diterima oleh google, lebih mudah memasang layanan iklan yang disediakan oleh google adsense serta lebih gampang meningkatkan ranking SEO (Seach Engine Optimization) blog. Sedangkan yang temurah adalah domain .in atau .pw, domain ini memang murah karena walaupun blog yang memasang domain tersebut bisa dicari oleh pengunjung mancanegara, akan tetapi kebanyakannya merupakan pengunjung dari dalam negeri karena lalu lintas blog yang memasang domain ini hanya mencakup nasional dan terbatas. Tetapi tetap bisa meningkatkan SEO blog ataupun memasang layanan iklan. Dan saya berencana membeli domain .id untuk blog toko online serta membeli domain .co.id atau sejenisnya untuk kedua blog yang saya keloa yaitu Islam Qadimah dan Edunic Design. dengan berubahnya domain tersebut, maka saya akan lebih giat lagi dan juga mempunyai motivasi yang tinggi untuk memajukan ketiga blog saya terutama dalam memajukan blog toko online.

dan ada dua hal untuk mempertahankan strategi saya dalam mengembangkan bisnis yaitu :

1. Promosi Online

sumber gambar : www.infopeluangusaha.org

Ada resiko yang harus saya terima setelah mengaktifkan status dropshipper dan membeli domain premium. Resiko yang pasti saya terima jika statusnya aktif yaitu harus mengejar target penjualan minimal 6 produk baju dalam waktu sebulan, jika target tersebut tidak tercapai dalam waktu sebulan dan memperoleh serta habis masa tenggang, maka statusnya akan menjadi non-aktif kembali. Benar-benar sungguh menjadi tantangan yang besar. Resiko kedua jika saya membeli domain premium yaitu otomatis blog premium akan aktif dalam jangka waktu 1 tahun, setelah lewat 1 tahun maka saya harus memperpanjang blog tersebut dengan cara membayar uang tahunan. Walapun bayaran pertahunnya tidak terlalu besar tapi mendaftarkan 3 blog menjadi domain premium dengan pengeluaran pertahunnya bisa mencapai Rp.700.000,- itu merupakan perjuangan yang besar bagi saya, salah satu untuk menutupi resiko itu dengan cara harus lebih gencar dalam bentuk promosi dan secepatnya membuat traffic blog meningkat. Oleh karena itu saya akan mencoba memakai Abah Digital Marketing Specialist untuk bisa meningkatkan berbagai macam promosi online contohnya seperti promosi lewat fans page facebook supaya bisa dilihat oleh ribuan pengguna, juga mendaftar menjadi advestiser kepada penyedia layanan iklan seperti google adsense supaya iklannya bisa ditayangan di berbagai website terkenal, atau mendaftar layanan twitter ads yang sistemnya hampir sama seperti fans page facebook, pastinya semua promosi berbentuk online tersebut bisa ditingkatkan dengan jasa digital marketing. Dengan demikian semoga saja targetan minimal terjual 6 baju dalam waktu satu bulan setidaknya bisa tercapai dengan usaha berbagai promosi online. Lalu resiko yang ada bisa benar-benar diterima dan langsung terbayar.

2. Menaikkan Traffic Blog

sumber gambar : www.amsyarazi.blogspot.com

Salah satu yang harus dipertimbangkan dalam blog toko online adalah menaikkan traffic blognya. Setiap blog baik itu blog toko online atau pun blog umum pasti mempunyai impian agar blognya bisa dikunjungi banyak orang, ada beragam cara untuk bisa demikian, diantaranya dengan promosi online, promosi lewat media sosial, promosi lewat media chatting dsb. Tapi ada sebuah acara yang lebih bagus dalam menaikkan traffic blog, yaitu mengoptimalkan SEO (Seach Engine Optimization). Intinya jika promosi lewat media online ataupun media sosial, maka traffic yang datang hanya dari kedua itu. Beda dengan mengoptimasi SEO, traffic yang datang bisa dari seluruh Indonesia bahkan sampai kepada pengunjung mancanegara. Kenapa bisa seperti itu? Karena SEO ini memanfaatkan traffic yang datang dari google dengan cara membuat blog berada di ranking 1 melalui kata kunci tertentu. inilah yang membuat pengunjung datang dengan otomatis tanpa harus lewat promosi. Misalnya jika mengetikkan kata kunci “baju murah” atau “baju berkualitas” maka yang muncul di ranking pertama google adalah blog toko online saya, dan pastinya pencari kata kunci itu akan terlebih dahulu menngunjungi blog yang berada di posisi pertama. Inilah yang saya impikan. Sebenarnya saya mempunyai salah satu cara untuk bisa menaikkan traffic blog, caranya cukup sederhana dan terbukti ampuh, yaitu cukup mendaftar ke sebuah situs SEO dan mencari token sebanyak mungkin. Akan tetapi disini ada batasan tertentu dalam jumlah maksimal token yang dicari, perhari hanya bisa mendapatkan kurang lebih 1.000 token sedangkan untuk bisa menaikkan traffic website dibutuhkan sekitar 1.000.000 token. Tentu itu merupakan jumlah token yang sangat banyak. Sebenarnya perhari saya bisa mendapatkan sekitar 3.000 s/d 6.000 token tapi dengan catatan status user saya harus diupgrade menjadi premium, dengan begitu saya bisa mencari token lebih dari 1.000 perhari. Itulah teknik SEO yang sering saya lakukan. selain itu, karena teknik tersebut cukup rumit dengan pemanfaatkan tokennya yang membutuhkan waktu cukup lama, saya membutuhkan cara alternatif dalam meningkatkan tarffic website, dan satu-satunya cara yang cukup menjanjikan adalah mendaftar sebuah jasa SEO Abah Digital Marketing specialist. dengan demikian, target akan bisa menjadi lebih maksimal dan harapan  pun bisa terwujud.

Seperti yang sudah saya ceritakan, saya mempunyai 3 jenis bisnis online yang berbeda, sebagai seorang mahasiswa yang mempunyai banyak mimpi, salah satu mimpi saya yang paling besar adalah bersambisi ingin memajukan ketiga bisnis online tersebut. Tapi tentunya yang lebih terdepan adalah ingin memajukan kembali blog toko online yang sementera telah berhenti selama kurang lebih 9 bulan ini. Karena melihat peluang dari toko online yang begitu besar serta sejalan dengan era digital yang menyesuaikan dengan perkebangan zaman serta lebih memanfaatkan kemajuan teknologi.


2 komentar:

  1. blog yang dikelola jadi banyak dan bertambah tugas juga ya mas, kayaknya pake ABAH asik juga ya :) Salam kenal :)

    BalasHapus
  2. Kalau saya promosinya paling mudah pakai fanspage facebook. Saya pasang banner besar besar berukuran 13x5 cm di background halamanya. Jadi begitu ada orang yang melihatnya, maka yang pertama kali di lihat adalah banner yang berisi nomor kontak saya seperti WA dan BBM, dan ampuh juga karena dagangan saya laris berkat fanspage ini

    BalasHapus