Comments

Minggu, 10 Juli 2016

3 Hal Yang Menjadi Daya Tarik Obyek Pariwisata Sumbawa


Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki banyak pulau, atas dasar tersebut menjadikan Indonesia memiliki banyak beragam budaya, kultur dan pariwisata yang menghiasi di setiap Pulau dan Provinsinya. Salah salah pulau di Indonesia yang menarik perhatian adalah pulau sumbawa yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Luas pulau ini mencapai 14.386 km2 yang menjadikan pulau terbesar di Provinsi NTB. Tentunya terdapat banyak beragam destinasi wisata di Pulau Sumbawa dan akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan terhadap obyek tersebut. Inilah 3 hal yang akan menjadi daya tarik obyek pariwisata Sumbawa:

1. Destinasi Wisata

Suatu kota pasti kental dengan kepariwisataannya karena ini merupakan ikon dan daya tarik terbesar bagi para wisatawan untuk mengunjungi pulau. Pulau Sumbawa memiliki destinasi wisata yang sangat menjanjikan terutama dalam obyek wisata alamnya. Bagaimana pun wisata alam merupakan yang paling diminati karena selalu menawaran panorama keindahan alam, kesejukan udara, keanekaragaman flora & fauna, serta melihat indahnya kekuasaan Tuhan. Para wisatawan selalu antusias terhadap objek wisata alam, dengan alasan refreksi diri dari keadaan suasana kota yang rumit dan fikiran yang membuat setres sehingga tujuan wisata alam ini seakan-akan menjadi obat yang mujarab. di Pulau Sumbawa, ada beberapa destisasi obyek wisata alam yang siap memanjakan para pendatangnya. Obyek wisata alam Pulau Sumbawa diantaranya yaitu:
  • Pantai Ai Manis

Pantai memang selalu menawarkan panorama alam yang indah terurama pemandangan air laut yang jernih. Di Sumbawa terdapat pantai dengan ciri khas pasir putihnya. Pantai ini terletak di Pulau Moyo yang merupakan salah satu Pulau kecil di Sumbawa. Pada pantai ini panorama keindahan matahari tenggelam begitu jelas ketika hari menjelang sore. Juga pada dasar lautnya terdapat terumbu karang yang menarik dan bisa melakukan snorkeling untuk melihat terumbu karang.
  • Pulau Moyo

Didalam pulau ada sebuah pulau. Mungkin ini yang menggambarkan Pulau Sumbawa yang memiliki Pulau Kecil bernama Pulau Moyo. Setelah memliki Pantai Ai Manis yang indah, rupanya Pulau Moyo merupakan Pulau yang lengkap memiliki beberapa destinasi wisata. Pulau ini terletak di teluk saleh sebelah utara Sumbawa.  Di Pulau Moyo akan menjumpai kawanan rusa, babi liar dan burung gosong yang dilindungi. Setelah menarawan flona & fauna, pantai yang indah serta panorama bawah laut yang mempesona, Pulau ini juga memilki air terjun bertingkat yang indah. Pantas saja jika Prince William dan Lady Diana pernah berlibur ke Pulau ini. Wajar jika Pulau tersebut menjadi tujuan wisata utama di Sumbawa oleh para wisatawan.
  • Gunung Tambora

Bagi para pecinta alam dan pendaki gunung, pasti gunung tambora merupakan gunung yang wajib dikunjungi di Pulau Sumbawa. Karena kebanyakan wisatawan yang mengunjungi gunung ini adalah para peneliti dan pendaki gunung. Jarang para wisatawan  yang sampai ke puncak gunung tambora, mereka hanya mengunjungi sampai kawasan tertentu tepatnya di kaki Gunung Tambora. Lain halnya dengan para pendaki/traveler, mereka dengan antusias menerima tantangan dari tinggi dan curamnya Gunung Tambora karena gunung tersebut pada puncaknya menyajikan kaldera yang indah dan sangat lebar. Gunung Tambora memilki kaldera dengan diameter mencapai 6,2 km. sangat lebar untuk sebuah gunung yang pernah meletus pada tahun 1815 ini. Disamping lebar, kaldera tambora rupanya sangat dalam dengan kedalaman mencapai  1,5 km. semua ini memang diciptakan oleh sebuah letusan pada tahun itu yang awalnya Gunung Tambora memiliki ketinggitan 4200 meter, kini hanya tinggal 2800 meter saja.

2. Event Pariwisata

Berangkat  ke tempat pariwisata pastinya belum lengkap apabila tidak mengikuti beberapa event yang diakan di pulau Sumbawa. Karena beberapa event ini memang diadakan dalam rangka memeriahkan destitasi pariwisata yang juga dipersembahkan untuk para wisatawan yang datang ke tempat wisata. Tapi ada juga event yang diadakan setiap bulannya untuk memeriahkan festival tertentu. disini saya akan merangkum 3 event dari beberapa event yang diadakan di Pulau Sumbawa.
  • Tambora Menyapa Dunia

untuk meningkatkan daya tarik wisatawan pada Gunung Tambora ini, maka setiap tahunnya yaitu pada bulan April selalu diakan peringatan letusan Gunung Tambora. Peringatan ini berhasil menyita perhatian dunia yang rencananya akan diupayakan menjadi kegiatan rutinan di pulau NTB dan ditetapkan sebagai event tahunan dari pariwasata Gunung Tambora.
  • Festival Moyo

festival moyo merupakan festival yang mengadakan parade budaya yang menyajikan atraksi Temung Nguri dan tarian Getap Junjung Pasaji. Festival ini digelar di Sumbawa pada tanggal 23 September sampai 30 Oktober 2016. Tentunya untuk menarik perhatian dari Pulau Moyo dengan wisata alamnya yang memukau.
  • Festival Taliwang

Pada bulan November 2016 di Pulau Sumbawa selalu diadakan festival taliwang, pada festival ini selalu diadakan balapan kerbau, kerbau hias hingga paralayang. Di setiap kategorinya menawarkan hadiah yang lumayan besar untuk mendapatkan juara. Tentunya destinasi pariwisata menjadi berwarna dengan adanya festival taliwang ini.

3. Wisata Kuliner

Mengunjungi ke salah satu kota dengan tujuan pariwisata, belum lengkap rasanya jika tidak mencicipi wisata kulinernya. Karena wisata kuliner merupakan daya tarik dari para wisatawan lokal maupun mancanegara. bahkan tak jarang hanya ingin mencicipi wisata kulinernya saja. Untuk itu wisata kuliner selalu disajikan secara unik dengan bumbu rempah-rempah yang mempunyai ciri khas tersendiri yang menggambarkan tentang keparisiwataan atau kedaerahan. Hal itu yang menjadikan setiap wisata kuliner selalu menjadi ikon tersendiri bagi kota tertentu. berikut ini adalah beberapa wisata kuliner yang merupakan ciri khas pulau Sumbawa.
  • Singang

Warga Sumbawa menamai makanan tersebut dengan Singang, makanan ini merupakan salah satu kuliner khas Sumbawa yang berbahan dasar ikan segar. Ikan yang sering digunakan atau ikan bandeng atau kakap karena memang kedua ikan ini merupakan yang termudah didapat. Walaupun begitu, Singsang tidak menutup kemungkinan memakai ikan apapun karena yang menjadi ciri khas adalah bumbu yang digunakan sangat menggugah selera. Sekilas kuah Singang seperti gulai, tetapi ketika dicoba rasanya berbeda dengan gulai dan memiliki rasa yang enak. Untuk bisa menikmati masakan ini, di Pulau Sumbawa tidak terlalu sulit karena disetiap warung makanan selalu menyediakan menu masakan yang satu ini.
  • Sepat

Tidak Jauh berbeda dengan Singang dilihat dari bahan dasarnya yang sama, tapi yang membedakannya adalah dari segi penyajiannya ikan tersebut dibakar terlebih dahulu sebelum akhirnya ditambah kuah yang lezat. Rasanya asam-asam segar membuat nafsu makan selalu bertambah. Menu makanan ini biasanya selalu ada 30 hari Ramadhan atau pada saat bulan puasa. Karena ibu-ibu di Pulau Sumbawa menajdikan resep dari masakan ini merupakan yang utama. Dengan demikian menu masakan sepat ini merupakan wisata kuliner khas daerah Sumbawa.
  • Gecok

Beberda dengan masakan  ini yang berbahan dasar dari daging dan jeroan sapi merupakan salah satu makanan khas daerah Sumbawa. Cara pembuatannya terbilang mudah yaitu dibuat dengan cara ditumis dan dibalut dengan parutan kelapa berbumbu dan langsung disajikan setelah dimasak. Menawaran rasa yang gurih, renyah serta terkesan garing. Gecok menjadi salah satu masakan khas Sumbawa yang menjadi tujuan wisata kuliner setiap wisatawan yang berkunjung karena memang menawarkan harga yang bersahabat dengan rasa yang enak.

Sumber :

14 komentar:

  1. Widih indah juga yaa tempatnya

    BalasHapus
  2. mantap tempatnya jadi pingin kesana ngapain ke luar negri negeri kita lebih bagus dan lebih kaya serta indah dari pada negara yang lain..

    BalasHapus
  3. wah bagus2 yaa jadi pengen main kesana

    BalasHapus
  4. Wah, kalo punya uang banyak, wajib ke sini nih, sudah wisatanya bagus, kulinernya pun keliatannya enak banget :D hehe

    BalasHapus
  5. diluar negeri ada juga sih yang bagus tempat wisatanya. tapi kalo di indonesia ada ngapain keluar negeri. di kampung q juga ada nama pulau DERAWAN tepatnya di Berau Kalimantan Timur.

    BalasHapus
  6. klo ada uang tak main kesitu bang, thanks infonya :)

    BalasHapus
  7. Sumbawa ternyata banyak juga ya potensi wisatanya, dan kulinernya. Kalau kulinernya itu diberi gambaran harga lebih mantap mas.

    Makasih info wisatanya.

    BalasHapus
  8. wah tempat nyah indah juga ya

    BalasHapus
  9. cantik banget alam indonesia. good

    BalasHapus
  10. keren keren nih tempatnya

    BalasHapus
  11. destinasi ke gunung tambora, sangat memicu adrenaline para wisatawan yang berkunjung ke gunung yang pernah mau menghancurkan dunia ini

    BalasHapus