Comments

Jumat, 03 November 2017

Hati-hati! Shalat Anda Tidak Sah Jika Tidak Tahu Cara Mandi Wajib


Mandi wajib adalah mandi mengharuskan kita untuk suci dari hadats besar seperti keluarnya air mani yang diakibatkan mimpi atau tidak, berhubungan intim, haid dan nifas. Mandi wajib ini sebenarnya hampir selalu dilakukan pada kehidupan sehari-hari karena memang kita tidak bisa terhindar dari hadats besar. Namun tahukah bahwa jika salah dalam melakukan mandi wajib akan berakibat pada tidak sahnya shalat karena hadats besarnya tidak akan hilang! Selain niat, rukun dan sunat yang harus dikerjakan, terdapat tata cara yang harus dilakukan dalam mandi wajib. Seperti dilansir dari Buku Fiqh Ibadah Karya H. Ujang Dedih, ada 5 tata cara mandi wajib.

1.         Mencuci kedua tangan dengan air


Sumber: puntogob.com

Dalam mandi wajib, diharuskan mencuci kedua tangan terlebih dahulu dengan teratur sampai ke pergelangan, juga sela-sela jari jangan sampai terlewatkan. Jika terdapat kuku yang cukup panjang, lebih baik potong terlebih dahulu supaya bagian kuku bisa tercuci dengan sempurna.

2.         Membasuh Qubul dan Dubur


Sumber: lubrita.com

Qubul adalah alat kelamin sedangkan Dubur adalah tempat keluarnya kotoran. Pada bagian ini basuhlah dengan bersih khususnya daerah Qubul karena telah mengeluarkan air mani atau pun darah haid dan nifas, karena faktor inilah yang mengharuskan mandi wajib. Juga hati-hatilah dalam membasuh kedua bagian ini karena khawatir ada yang terlewatkan.

3.         Berwudhu sampai kepala


Sumber: askmen.com

Setelah melaksanakan bagian sebelumnya, lanjutkan dengan berwudhu sebagaimana wudhu dalam shalat namun hanya sampai kepala tidak sampai kaki. Ini bisa disebut sebagai wudhu nya mandi wajib.

4.         Mengusap kepala dan menyela-nyela rambut


Sumber: guyslonghair.com

Pada bagian ini, usaplah kepala secara menyeluruh dilanjutkan dengan menyela-nyela rambut sampai ke pangkalnya. Bagian akar rambut harus tersiram dengan air dibarengi dengan basuhan secara merata.

5.         Membasuh seluruh anggota tubuh


Sumber: faveable.com

Lakukan siraman secara menyeluruh pada seluruh anggota tubuh sebanyak 3 kali, pada bagian ini setelah basuhan yang ke terakhir, anda bisa dilanjutkan dengan memakai sabun. Namun sebenarnya hanya memakai air saja itu sudah cukup yang penting syarat dan ketentuannya sudah dilakukan dengan benar. Setelah selesai membasuh seluruh anggota tubuh, dilanjutkan dengan mencuci pada bagian kaki.

Itulah ke-5 tata cara mandi wajib, sebenarnya tidak sulit untuk diterapkan jika tidak terbebani dengan cara tersebut. Karena jika cara ini tidak diterapkan, akan berakibat pada tidak sahnya shalat. Sudah melaksanakan shalat 5 waktu, shalat sunat sampai shalat tahajud tapi shalatnya tidak diterima, sangat disayangkan jika itu terjadi. Maka lakukanlah hukum dan ketentuan Islam dengan benar.

Sumber Banner: thehealthsite.com

0 komentar:

Posting Komentar