Comments

Jumat, 10 Juni 2016

Perokok Wajib Tahu, 3 Jenis Kandungan Pada Rokok yang Sangat Berbahaya

Sudah barang tentu bahwa terdapat beberapa kandungan berbahaya di dalam rokok, selama ini mungkin kita hanya sebatas tahu aja tanpa mengetahui lebih dalam lagi. Padahal hal tersebut penting untuk kita ketahui khususnya kepada pecandu rokok yang sudah berat. Inilah 3 jenis kandungan yang harus kita ketahui:

1. Nikotin 
Sumber Gambar : fajar.co.id

Kandungan yang satu ini memang sudah terkenal dan banyak diketahui oleh bukan perokok sekalipun, karena nikotin memang bahan dasar dari sebuah rokok yang dibuat. tanpa adanya nikotin, tidak akan menjadi rokok yang sempurna. Menurut ilmu kedoteran, rokok memiliki 4000 bahan kimia diantaranya adalah nikotin. Efek sampingnya beragam, mulai dari perangsang yang dapat merusak jantung, penyempitan pembuluh darah, penggumpalan darah dan yang paling parah adalah menyebabkan pembekuan pada darah lebih cepat. Nikotin didapat dari 5% berat tembakau, disisi lain nikotin merupakan racun saraf manjur dan digunakan juga sebagai racun serangga. Akibat yang paling buruk pada kandungan ini adalah membuat pemakainya ketagihan secara terus-menurus. Itulah kenapa banyak perokok yang kecanduan karena adanya nikotin ini.

2. Tar 
Sumber Gambar : dylannulis.blogspot.co.id

Dzat yang terkandung dalam rokok diantaranya adalah tar, tar adalah salah satu bahan kimia yang beracun dan memiliki efek samping yang sangat jera. Terdapat suatu partikel dalam asap rokok yang pastinya mengendap pada lendir di saluran pernapasan dengan waktu yang cukup lama. Akibatnya bisa terkena kerusakan pada sel paru-paru dan meyebabkan kanker. Jika partikel tar ini terus-menerus berada pada dinding saluran pernapasan tanpa tindak pencegahan apapun, maka akan mengubah bentuk sel paru-paru yang lambat laun akan menjadi kanker paru-paru yang sangat parah. Karena sifat dari terus-menerus yang menimbulkan kronis bagi pecandunya.

3. Karbonmonoksida (CO)
 Sumber Gambar : dinamislink.blogspot.co.id

Dari namanya saja, kandungan ini sudah tentu adalah kandungan yang menyerupai gas. Karbonmonoksida merupakan gas beracun yang mengakibatkan kekurangan oksigen didalam tubuh karena berkurangnya kemampuan darah yang membawa oksigen tersebut. Di tubuh seorang perokok terdapat oksigen yang ditempati oleh CO atau Karbonmonoksida. Kandungan CO mrnggantikan sebanyak 15% dari oksigen yang seharusnya dibawa oleh sel-sel darah merah. Akibatnya otak, jantung dan organ tubuh yang lainnya akan kekurangan oksigen. Disamping hal tersebut, terdapat efek samping yang mengerikan. Yaitu dapat menyebabkan perokok sesak nafas dan kurang daya stamina. Kandungan CO seperti halnya tar, merusak lapisan dalam pembuluh darah menjadi tersebut dan akhirnya membeku, itulah yang mengakibatkan serangan jantung, darah yang disalurkan dari jantung tidak stabil karena tersumbatnya pembuluh darah.

Apakah sudah terbayang apabila ketiga kandungan ini terus menerus ada dalam tubuh anda? Ingat bahwa kesenangan itu hanyalah sesaat, kesakitan itu mudah dibuat dan kesehatan itu mahal untuk didapat. Tapi semua itu tidak ada apa-apanya apabila dibandingan dengan merenggut kesenangan dan kesehatan orang lain serta membuatnya sakit. Tanggung jawablah pada diri anda, dan lingkungan di sekitar anda.
Penulis: Nurdin Akbar


2 komentar:

  1. Wahhh bahaya juga yaah .. jadi takut saya ngeroko :(

    BalasHapus
  2. Untung saya bukan perokok hehe :) nice info mas

    BalasHapus