Comments

Jumat, 10 Juni 2016

Kenali 10 Dampak Fisiologis Dari Rokok

Selain berdampak pada kesehatan, tentunya rokok juga berdampak pada fisiologis tubuh manusia. Dampak tersebut sangat mengkhawatirkan jika tidak ada tindakan pencegahan bahkan salah satunya mengakibatkan serangan jantung. Sebelum pada tindakan pencegahan alangkah baiknya terlebih dahulu kita mengetahui 11 dampak fisiologis ini, inilah 11 dampak tersebut.

1. Dampak rokok terhadap rambut 

Sumber Gambar : obrolansehat.com

Rambut merupakan salah satu anggota badan yang terletak paling atas, penyakit yang terdapat pada rambut ini bernama yang dapat menyebabkan kerontokan pada rambut. Penyakit ini sangat sensitif dan mudah terangsang jika sistem kekebalan tubuh menurun. Dengan kata lain merokok juga menurunkan sistem efektifitas kekebalan tubuh yang merangsang terjadinya yang berujung pada kerontokan rambut.

2. Dampak Rokok Terhadap Mata 

Sumber Gambar : health.detik.com

Mata merupakan salah satu anggota badan yang cukup rentan terkena gangguan. Kita harus merawatnya karena mata memang memiliki peran yang vital dalam menjalani kehidupan ini. Seringkali kita mengabaikan hal-hal kecil yang nantinya akan menjadi masalah yang besar. Masalah besar tersebut terdapat pada penyakit katarak. Penyakit ini disebabkan karena buramnya lensa mata sehingga pemasukan cahaya pada mata menjadi berkurang. Para perokok memiliki setidaknya 40% resiko terkena katarak yang pada akhirnya berpotensi menyebabkan kebutaan.

3. Dampak Rokok Terhadap Pendengaran 

 
Sumber Gambar : gayahidup.republika.co.id

Pasti kalian bertanya apa hubungannya rokok dengan telinga? Tentu ada hubungannya, walaupun walaupun rokok memang tidak langsung berdampak pada telinga itu sendiri, tetapi prosesnya yang membuat dampak berbahaya pada telinga. Prosesnya salah satu pemasokan darah itu mengalir ke telinga, sedangkan dengan merokok menimbulkan flek pada pembuluh darah yang menyebabkan aliran darah ke telinga dalam menurun. Dengan begitu timbul beberapa dampak yang serius, diantaranya dapat kehilangan pendengaran lebih awal dan sensitif pada bunyi yang keras yang mengakibatkan kehilangan pendengaran,  tiga kali lebih mudah terkena infeksi telinga tengah dan infeksi tersebut dapat menimbulkan komplikasi seperti meningitis dan kelumpuhan pada otot wajah.

4. Dampak Rokok Terhadap Sistem Pernapasan 

Sumber Gambar : obatpenyakitpernapasan.wordpress.com

Rokok sangat berperan penting pada sistem pernapasan dalam hal perkembangan bakteri. Alat yang paling utama pada sistem pernapasan adalah paru-paru yang berfungsi untuk memasukan udara bersih dan mengeluarkan udara kotor dari dalam tubuh. Bahan kimia dari asap rokok mengganggu paru-paru dengan merangsang permukaan sel pernapasan sehingga menyebabkan keluarnya lendir atau dahak. Hal ini hampir sama dengan rangsangan debu, virus atau bakteri pada saat kita flu. Bedanya, dahak yang ditimbulkan virus flu menstimulasi reflek batuk dengan didorongnya dahak oleh bulu getar disepanjang saluran napas. Pada perokok, bulu getar tersebut dilumpuhkan oleh asap rokok sehingga lendir di saluran napas tidak dapat keluar sepenuhnya. Disinilah terjadinya perkembangan pada bakteri karena lendiri yang lama tertahan di saluran napas dan kesananya akan menyebabkan bronchitis. 

5. Dampak Rokok Terhadap Gigi

 Sumber Gambar : kemonbaca.blogspot.co.id

Gigi merupakan bagian terpenting dari anggota mulut yang harus dijaga kebersihannya. Walaupun rongga gigi memang kuat akan tetapi tindakan pencegakan perlu dilakukan agar tetap gigi tetap sehat. Apakah sempat berfikir jika rokok sangat mengganggu kesehatan gigi, hal itu memang benar karena giginya orang perokok berpotensi plak dan gigi kuning sehingga berpotensi merusak gigi. Kehilangan gigi lebih berpeluang besar bagi perokok disbanding dengan yang bukan perokok.

6. Dampak Rokok Terhadap Jantung dan Pembuluh Darah

 Sumber Gambar : www.slideshare.net

Sudah sering kita temui dalam kemasan rokok salah satunya pada kalimat penyakit jantung koroner. 25% kematian diakibatkan oleh perokok yang terkena jantung koroner karena merokok dapat menyebabkan serangan jantung 3 kali lebih sering pada seorang perokok. Jika merokok dimulai pada usisa muda, resiko mendapat serang jantung 2 kali lebih sering.

7. Dampak Rokok Terhadap Tulang 

Sumber Gambar : riauaktual.com

Mungkin teman-teman baru mendengar dampat tersebut tapi ini memang kenyataan. Asap rokok memiliki bahan utama yaitu karbonmonoksida, bahan ini mempunyai perhatian yang lebih kepada sel darah merah disbanding oksigen. Oleh karena itu rokok mengurangi daya angkut oksigen darah sebesar 15%. Akibatnya perokok mempunyai tulang dengan densitas berkurang, lebih mudah keropos dan patah juga membutuhkan waktu yang lama untuk penyembuhan.

8. Dampak Rokok Terhadap Kulit

Sumber Gambar : medicastore.com

Apakah pernah lihat guratan merah pada kulit? Itu merupakan penyakit yang dialami oleh seorang perokok karena 2x lebih mudah terkena psoriaris, yaitu suatu proses inflamasi kulit yang terasa gatal. Hal tersebut meningkatkan peluang timbulnya kanker kulit.

9. Dampak Rokok Terhadap Sperma 


Sumber Gambar : www.kesehatanpriawanita.com

Impotensi merupakan salah satu dampak yang cukup yang diakibatkan oleh rokok. Merokok dapat mengubah bentuk sperma, merusak DNA, mengurangi jumlah sperma dan menurunkan aliran darah ke penis sehingga menyebabkan inpotensi. Jika terus-menerus tanpa ada pencegahan yang berate, maka akan lebih meningkatkan potensi mengalami kemandulan.

10. Dampak Rokok Terhadap Bukan Perokok


Sumber Gambar : ufikmuckraker.wordpress.com

Saya seringkali mendegar slogan “merokok membunuhmu”, kata teman saya yang juga seorang perokok, kalimat itu di ibaratkan seperti perokok yang membunuh bukan perokok, bukan membunuh perokok itu sendiri. Memang jika dicermati hal ini ada benarnya juga karena perokok pasif akan menderita sakit karena terpapar bahan bahaya dalam asap rokok. Sehingga perokok pasif mempunyai kemungkinan terkena kanker paru-paru sebesar 30% lebih tinggi dibanding tidak terpapar asap rokok. Itulah sebabnya mengapa perokok pasif juga terkena dampaknya bahkan bisa lebih serius dibanding seorang perokok.

Maka janganlah menyusahkan orang lain hanya karena merokok. Selain berdampak pada diri sendiri juga berdampak pada orang lain. Sudah tahu jika madaratnya benar-benar besar alahgkah lebih baiknya hal tersebut dijauhkan. Kita juga pasti tidak ingin sebuah keluarga yang keturunannya merokok semua karena rokok identik dengan kecanduan. Ibaratnya gini, seorang anak yang merokok walaupun tidak terlalu sering, ketika mau dimarahi anak tersebut membentak dengan dalih ayahnya juga merokok. Memang hal tersebut telah terjadi dalam beberapa keluarga dan sulit untuk dihindarkan. Untuk itu jika ingin menciptakan keluarga yang sehat, harus dimulai dari orang tuanya yang serius dalam menangani permasalahan demikian. Dengan begitu, lingkungan yang bersih pun tidak mustahil untuk diwujudkan.

Baca Juga :  Ternyata Banyak Ulama Yang Mengharamkan Rokok, Ini Alasannya..

Penulis : Nurdin Akbar

0 komentar:

Posting Komentar